Selasa, 23 Februari 2010

APAKAH GOOGLE AKAN HENGKANG DARI CHINA ?

Google China

Google dan China Bicarakan Perdamaian

rabu 24 pebruari 2010
text TEXT SIZE :  
Share
okezone
NEW YORK - Google dan pemerintah China bakal duduk bersama untuk membicarakan perdamaian terkait permasalahan bakal hengkangnya Google dari China.

Sumber Wall Street Journal, Selasa (23/2/2010), mengungkapkan Google akan mendesak agar China tak memfilter hasil pencarian yang ada di Google. Bila China menyepakati seluruh tuntutan Google, maka raksasa mesin pencari tersebut takkan menghentikan operasi Google.cn.

Google sebelumnya menyatakan akan hengkang pada Januari 2010 setelah situsnya di bombardir oleh hacker China. Sejumlah akun gmail milik aktivis HAM dan jurnalis asing di China.

Analis Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa sejumlah perusahaan juga mengalami serangan dari hacker China. Setidaknya analis menemukan tiga puluh perusahaan lumpuh diserang hacker.

Google sendiri sudah mendapatkan serangan dari para peretas tersebut sejak pertengahan Desember lalu. Masalah yang serupa juga dialami 30 perusahaan AS di China, termasuk Adobe System yang turut menjadi sasaran. Serangan itu sendiri dilakukan peretas dengan memanfaatkan bug email melalui peranti lunak tertentu. Kebanyakan pembobolan itu sendiri dilakukan untuk mencuri informasi dari email para aktivis HAM di China.

Akibat serangan tersebut, Google berencana untuk menghentikan operasi unit bisnis mesin pencarinya di China, yang sudah mereka jalankan melalui Google.cn. Namun sebelumnya, Google akan membuka terlebih dahulu sensor internet yang selama ini dilakukan oleh Google atas perintah China sehingga Google tidak akan lagi menyortir hasil pencarian apapun yang dilakukan oleh warga China.

Peristiwa ini sampai mendapat perhatian dari Menlu AS Hillary Clinton dan seluruh perusahaan internet AS yang beroperasi di China hampir mengikuti jejak Google untuk hengkang. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar